Ini Dia Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Seseorang Yang Menjalankannya

Ini Dia Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Seseorang Yang Menjalankannya

Dalam hitungan beberapa hari lagi kita umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan. Di bulan ini seluruh umat muslim di dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sesuai dengan syariat islam. Melakukan ibadah puasa banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh seseorang yang menjalankannya. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa itu akan terjadinya proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh manusia. Terlebih tubuh akan menjadi lebih sehat jika melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh.

Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan seseorang yang menjalankannya diantaranya yaitu :

  1. Dapat Meningkatkan Kemapuan Otak

Neurotropik yang diturunkan dari otak akan meningkat ketika melakukan puasa sehingga akan dapat membantu tubuh didalam memproduksi sel sel otak dengan lebih banyak, yang pada akhirnya fungsi dari otak akan meningkat juga. Selain itu pada saat berpuasa akan dapat menurunkan tingkat stres karena jumlah hormon kortisol akan menurun.

  1. Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit jantung. Dengan melakukan puasa akan berdampak positif terhadap kesehatan jantung, karena ketika berpuasa ini HDL didalam tubuh akan melakukan peningkatan dan akan terjadinya penurunan LDL yang sangat baik untuk jantung tetap sehat dan pembuluh darah yang sehat juga.

  1. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat dari melakukan puasa adalah menurunnya berat badan. Akan terjadinya pengurangan kadar kolesterol dalam darah seseorang jika melakukan puasa. Kesehatan jantung akan meningkat jika kadar kolesterol dalam darah rendah, sehingga nantinya akan dapat mengurangi resiko dari terkena penyakit jantung dan stroke.

  1. Dapat Berpikir Lebih Tajam Dan Kreatif

Pikiran seseorang akan menjadi lebih tenang dan melambat jika dirinya melakukan puasa. Ketika pikiran melambat maka akan dapat melakukan sebuah pekerjaan lebih tajam. Pada saat berpuasa itu pastinya akan merasa lapar dan itu adalah sesuatu hal yang wajar jika rasa lapar ini memaksa kita untuk berpikir lebih tajam dan kreatif.

Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan seseorang yang menjalankannya. Begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika melalukan puasa maka kita janganlah ragu untuk melakukan ibadah puasa ini. Selain itu puasa ini merupakan sebuah kewajiban umat muslim yang nantinya akan mendapatkan pahala jika melakukannya.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini