Inilah Kopi Lokal Berkualitas yang Banyak Diminati di Luar Negeri

Pecinta kopi harus tahu kopi lokal memiliki kualitas yang lebih baik dari kopi luar negeri. Bentuk geografis yang berupa pegunungan sangat mendukung kebun kopi menghasilkan biji yang berkualitas.

Kopi asli Indonesia ini bahkan sering kali memenangkan kontes kopi internasional. Tidak sedikit yang diekspor, dan menjadi kopi andalan coffee shop besar. Nah, apa saja kopi lokal Indonesia yang telah mendunia ini?

Kopi Aceh Gayo

Kopi yang berasal dari Aceh ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Terutama jenis Arabika yang memiliki cita rasa khas. Tingkat keasaman dan pahitnya terasa sangat pas, dan selalu dinanti oleh para pecinta kopi Nusantara.

Keistimewaan kopi dari Aceh memang tiada duanya. Disini kopi sudah membudaya dan bahkan memiliki cara penyajian tradisional yang khas. Kopi direbus hingga mendidih, setelah itu dituangkan ke gelas yang sudah berisi susu.

Kopi Bali Kintamani

Jenis kopi yang sangat khas dari daerah Kintamani, Bali ini juga dari Arabika. Kawasan yang begitu teduh berada di pegunungan ini mampu menghasilkan kopi yang sangat berkualitas. Bahkan kopi ini sangat diminati oleh negara-negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika.

Kekhasan rasanya terlihat dari tingkat keasamannya yang segar. Ada aroma bunga yang sangat wangi. Yang juga menjadikannya sangat diminati adalah kekentalannya yang pas.

Kopi Toraja

Jenis kopi Arabika memang memiliki kualitas di atas keluarganya, Robusta maupun Liberika. Apalagi jenis kopi ini ditanam di daerah yang tepat seperti Toraja ini. Dari penanaman dan pengolahan yang tepat, membuat kopi ini menjadi sangat nikmat.

Kekhasan rasanya terletak pada aftertaste yang pahit tidak terlalu legit, sehingga terasa ringan dan banyak disukai.

Kopi Ijen

Di Pulau Jawa sendiri juga bisa menghasilkan kopi yang sangat nikmat. Seperti di kawasan Ijen Jawa Timur ini mampu menghadirkan cita rasa kopi Arabika khas yang unik. Ketika aromanya tercium, Anda seakan merasakan bunga hutan yang wangi.

Selain itu, cita rasa asam yang ditimbulkan seperti rasa asam jawa yang unik. Bahkan ada sensasi pedas yang terasa. Sangat unik bukan?

Kopi Rangsang Meranti, Riau

Berbeda dari kopi sebelumnya dari jenis Arabika, kopi yang satu ini dari jenis Liberika yang tentunya sangat jarang diunggulkan. Akan tetapi kualitasnya tersebut terbukti dari penghargaan yang didapatkan berupa sertifikat Indikator Geografis, dan hasil pertanian terbaik dari Dirjen Kekayaan Intelektual Nasional.

Kopi ini banyak diminati oleh masyarakat Malaysia dan Singapura, dan di kedua negara tersebut menjadi tujuan ekspor terbesar kopi ini.

Kopi Flores Bajawa

Dari kebun di pegunungan Bajawa Flores juga mampu menghasilkan kopi dengan kualitas ekspor. Karakter dari kopi ini berupa tingkat keasaman yang rendah, namun memiliki kekentalan yang cukup pekat.

Jika Anda merasakan aromanya seakan bisa kopi ini seperti dicampur dengan cokelat dan vanili. Aroma yang memikat ini banyak dicari oleh penikmat kopi di kawasan Amerika.

Kopi Temanggung

Jika Anda penikmat kopi yang kuat dan pekat, inilah kopi lokal terbaik. Kopi dari jenis Robusta ini memiliki aroma tembakau yang unik. Rasa pahitnya sangat pekat dan mendominasi. Anda bisa menemukan kebun kopi yang begitu lebat di kawasan pegunungan di Temanggung, Jawa Tengah.

Meski jenis Robusta tidak terlalu populer, namun kopi ini memiliki kualitas yang tidak kalah. Terbukti dengan banyaknya permintaan ekspor di negara Eropa, Timur Tengah, dan Amerika.

Itulah kualitas kopi lokal yang mampu mendominasi pasar ekspor dunia. Sekarang ini semakin banyak penikmat kopi dan Anda bisa merasakannya dengan mudah di berbagai coffee shop terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.