Inspirasi Perlengkapan Laptop untuk Menunjang Kinerja

Inspirasi Perlengkapan Laptop untuk Menunjang Kinerja

Di zaman ini rasanya sangat sedikit sekali orang yang tidak tahu laptop. Sejak adanya talk show Empat Mata yang digawangi oleh Tukul, laptop menjadi booming. Citra laptop menjadi barang yang harus dimiliki oleh orang yang berpendidikan. Punya laptop kesannya jadi keren.

Saat ini pun, rasanya hampir tidak ada mahasiswa yang tidak punya laptop. Kebanyakan mereka punya laptop untuk menunjang kegiatan kuliah mereka. Sudah tidak asing lagi memang pekerjaan mahasiswa ini adalah belajar di mana saja dan mengerjakan tugas kapan saja. Jadi, mengerjakan tugas sambil nongkrong di kafe atau semacamnya.

Selain itu, dengan punya laptop, kamu lebih bisa menyelesaikan pekerjaan kuliah dengan lebih cepat. Kamu tak harus menunggu kembali ke rumah atau kos untuk mengerjakan tugas. Sambil menunggu jam kuliah selanjutnya pun kamu bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas.

Laptop sendiri tidak mungkin hanya dibawa sendirian, namun ada beberapa barang yang melengkapinya untuk meningkatkan kinerjamu. Apa saja sih barang-barang yang juga harus kamu miliki saat kamu punya laptop? Berikut ini adalah beberapa inspirasi barang yang bisa mendamping laptop kesayanganmu.

Tas Laptop

Barang pertama yang wajib kamu punyai saat kamu punya laptop adalah tas laptop. Saat pertama kali beli laptop, maka penjualnya pun akan menawarimu untuk membeli tas laptop juga. Ini adalah hal yang wajar melihat ketika kamu membawa laptop itu keluar rumah, pasti kamu butuh tas laptop.

Tas laptop ini juga mampu menghindari laptopmu tergores saat kamu memasukkan laptop ini ke dalam tas sekolah atau tas kuliahmu yang berisi dengan berbagai buku dan perlengkapan lainnya. Kan sangat sayang sekali jika laptop kamu yang mahal tergores hanya karena kamu teledor tidak memakai tas laptop untuk melindungi laptopmu ini. Biasanya yang bisa menyebabkan tergores adalah ujung colokan charger laptop yang menggores permukaan laptopmu saat tas tersebut tergoncang di perjalanan.

Earphone

Selain tas laptop, perlengkapan laptop lainnya adalah earphone. Dengan earphone ini kamu bisa  menikmati suara yang keluar dari laptopmu tanpa harus mengganggu orang di sekitarmu. Ini sangat dibutuhkan jika kamu sering bekerja di luar rumah, seperti di kafe. Kamu tidak akan mungkin kan menyalakan suara laptopmu di tempat umum. Pilihan yang mungkin kamu lakukan adalah menghilangkan suara atau kamu memakai earphone untuk menikmati suara yang keluar dari laptopmu.

Jadi, sangat wajar jika earphone ini wajib dipunyai oleh kamu yang punya laptop. Ya jelas alasannya adalah agar privasi kamu terjaga dan juga tidak mengganggu ketenangan orang lain.

Mouse dan Mouse Pad

Jika kamu pengguna MacBook, maka mouse dan mousepad ini rasanya kurang dibutuhkan. Karena trackpad yang ada di MacBook pun sebenarnya sudah sangat nyaman dan menggantikan mouse. Tidak seperti laptop lainnya yang trackpad-nya kurang nyaman digunakan. Jika kamu bukan pengguna MacBook, maka sangat disarankan untuk memiliki mouse saat kamu menggunakan laptop untuk bekerja.

Tak hanya mouse saja sih, kamu juga butuh mouse pad, agar kamu bekerja lebih nyaman dan menjaga mouse-mu bisa digerakkan dengan stabil. Pasalnya memang terkadang ada beberapa mouse yang tidak bergerak normal saat digunakan di permukaan tertentu. Jadi, mouse pad ini sangat dibutuhkan di kala itu.

Microphone

Microphone ini sebenarnya tidak seberapa dibutuhkan. Namun, jika kamu adalah seorang YouTuber, maka kamu wajib punya ini. Microphone ini sangat membantumu untuk menghasilkan perekaman suara yang lebih baik dari microphone bawaan laptop. Biasanya jika menggunakan microphone bawaan laptop akan terdengar suara gaduh saat kamu mengetik di keyboard. Itu kurang nyaman didengarkan saat perekaman.

Monitor Tambahan

Monitor tambahan ini dibutuhkan jika kamu adalah programmer atau video composer. Meski jarang orang menggunakan monitor tambahan, namun kamu bisa mencobanya untuk meningkatkan produktivitas saat sedang membuat program atau meracik video.

Konverter Port

Jika kamu membeli laptop keluaran terbaru, maka kamu akan menjumpai banyak port di laptopmu yang aneh-aneh. Kadang port-port ini tidak bisa digunakan langsung. Pasalnya memang terkadang di lapangan ternyata banyak yang masih menggunakan port lawas.

Yang paling terlihat adalah laptop keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan USB type-C, sedangkan kebanyakan port yang ada saat ini adalah USB 2.0 atau USB 3.0. Selain itu USB type-C juga bisa digunakan untuk menggantikan HDMI dan Display Port dengan cara dipasangi konverter port. Dan masih banyak model port baru lainnya.

Itulah beberapa inspirasi perlengkapan laptop yang bisa digunakan untuk menunjang kinerjamu. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu yang akan atau sudah membeli laptop.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.