KPR Rumah, Menguntungkan atau Tidak?

Layanan KPR rumah murah

Layanan KPR rumah murah dari perbankan memang mempermudah nasabah untuk melakukan pembelian rumah tanpa harus membayar secara tunai. Membeli rumah seringkali menjadi masalah yang cukup memberatkan karena harga rumah yang cukup mahal. Akan tetapi, kebutuhan manusia akan rumah juga penting untuk dipenuhi terlebih lagi mereka yang sudah berkeluarga. Bagi Anda yang belum begitu memahami sistem KPR serta manfaatnya, ada baiknya Anda pelajari dahulu hal-hal penting berikut ini sebagai pertimbangan sebelum membeli rumah melalui KPR.

  • Manfaat Berdasarkan Jenisnya

KPR rumah terbagi menjadi dua, yaitu KPR subsidi dan KPR non-subsidi. KPR subsidi merupakan program kredit dari pemerintah khusus untuk mereka yang berpenghasilan rendah. Karena merupkan subsidi dari pemerintah, KPR ini cukup sulit untuk diajukan karena harus ada pemeriksaan yang mendetail untuk dapat disetujui mengingat hanya yang berpenghasilan rendah lah yang dapat mendapatkan subsidi. Kredit non-subsidi merupakan KPR yang diterbitkan oleh bank dan berlaku untuk siapapun. Besar kecilnya kredit yang dibebankan juga tergantung dari kebijakan dan suku bunga sehingga kredit ini tidak terlalu menguntungkan untuk beberapa pihak karena adanya suku bunga yang dibebankan.

  • Hal-Hal yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya memberikan kredit untuk pembelian rumah memang merupakan hak masyarakat kecil yang berpenghasilan rendah dimana mereka lah yang biasanya kurang mampu membeli rumah secara tunai. Jika Anda bisa membeli secara tunai, maka Anda tidak perlu direpotkan dengan mengajukan KPR karena membeli secara tunai itu sebenarnya lebih murah. Hal ini karena adanya tambahan bunga yang harus dibayarkan sehingga membuat rumah menjadi lebih mahal harganya. Sebenarnya kebijakan dalam suku bunga tersebut berbeda-beda tergantung bank yang memberikan kredit.

Jika Anda khawatir dengan cicilan yang tinggi karena suku bunga, BTN bisa menjadi solusi yang tepat karena suku bunga yang ditawarkan oleh Bank tersebut tetap stabil dan tidak berubah-ubah seperti kebanyakan suku bunga yang lainnya. Jaringan kerjasamanya pun luas sehingga ada banyak pilihan rumah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi pemilihan KPR rumah yang tepat pun benar-benar harus dipertimbangkan agar membeli rumah tidak berubah menjadi beban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.