Macam-Macam Alat Safety dan Kegunaan

Macam-Macam Alat Safety dan Kegunaan

Alat safety dalam Bahasa Indonesia berarti Alat Pelindung Diri (APD). Alat ini merupakan perlengkapan yang harus ada agar dapat menjaga dan melindungi anda saat melakukan pekerjaan yang sekiranya memiliki potensi yang beresiko kecelakaan kerja. Anda harus memilih APD yang sesuai dengan bahaya yang akan terjadi.

Resiko yang paling sering ditimbulkan adalah pekerjaan dalam bidang produksi perakitan elektronika dari perusahaan yang bergerak dalam bidang manufakturing. Resiko yang ditimbulkan adalah keselamatan terancam. Pemotongan kaki komponen, penggunaan bahan kimia dan menyolder merupakan salah satu proses yang mengancam keselamatan kerja.

Jenis – Jenis Alat Safety

Anda perlu mengetahui beberapa jenis perangkat safety. Beberapa perangkat ini memiliki jenis dan spesifikasinya masing – masing. Dengan mengetahui hal ini, anda dapat membeli alat safety sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Topi Pelindungi (Safety Helmet)

Perangkat ini digunakan untuk melindungi kepala dari ancaman bahaya seperti kejatuhan benda keras ataupun bahaya aliran listrik. Anda perlu mengetahui lingkar kepala sehingga nantinya akan pas dan nyaman ketika anda pakai. Petugas gudang dan teknisi mesin lah yang biasanya menggunakan alat ini.

  1. Kacamata Pelindung (Safety Glass)

Alat ini sesuai dengan namanya berfungsi untuk melindungi mata dari bahaya yang sekiranya mengancam. Bahaya tersebut contohnya sinar matahari yang menyilaukan, benda tajam, debu, partikel kecil, dan bahan kimia.

Ada beberapa jenis kacamata pelindung. Jenis pertama adalah safety spectacles yang bentuknya biasa dan hanya melindungi mata dari ancaman debu, sinar matahari, dan partikel kecil. Perangkat ini dipakai pada proses pemotongan kaki komponen dan menyolder.

Jenis kedua adalah safety Goggles. Jenis ini adalah kacamata yang berbentuk menempel persis di muka. Kacamata ini melindungi mata dari bahaya asap, uap, loncatan benda tajam, dan percikan bahan kimia. Teknik mesin produksi yang biasanya menggunakan alat ini.

  1. Alat Pelindung Anggota Badan

Alat pelindung badan yang pertama adalah sarung tangan atau gloves. Alat ini berfungsi untuk melindungi tangan dari bahaya tangan tergores yang diakibatkan dari benda tajam dan runcing. Proses yang menggunakan alat ini adalah pemasangan komponen, bahan kimia, dan proses pemanasan.

Alat safety yang kedua adalah safety shoes perlengkapan yang dipakai untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda. Benda yang dimaksud adalah benda tajam seperti potongan baja, kaca, aliran listrik, dan larutan kimia. Alat ini terdiri baja yang dibalut dengan karet yang tidak dapat menghantar listrik.

  1. Jas Ujan (Rain Coat)

Dalam mengerjakan pekerjaan yang memiliki resiko bahaya, ada beberapa pekerjaan yang saat pengerjaannya hujan dan diluar. Dengan menggunakan rain coat atau jas hujan anda akan terlindungi dari percikan limbah, bahan kimia, dan air hujan.

Tips Memilih Alat Safety

Anda sudah mengetahui beberapa jenis perangkat safety. Dalam memilihnya anda mungkin bingung harus memilih perangkat mana. Agar mengetahuinya, anda harus mengetahui tips dan trik dalam memilih perangkat safety yang akan anda beli dan gunakan.

Alat pertama adalah sarung tangan. Dalam memilih glove atau sarung tangan dengan bahan dan kualitas tinggi dan yang memiliki jahitan rapi. Pilihlah sarung tangan yang pas dengan ukuran tangan anda agar saat memakainya anda merasa nyaman.

Dalam memilih sarung tangan anda perlu glove yang dapat menutupi pergelangan tangan. Hal ini disebabkan karena agar tangan anda dapat terlindung secara maksimal. Faktor lain adalah anda perlu mengecek bantalan pada pemukaan telapak dan kegunaan yang cocok dengan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.