Macam-macam Power Plant Indonesia

Macam-macam Power Plant Indonesia

Di Indonesia, maupun di berbagai belahan dunia manapun, tidak menutup kemungkinan bahwa pembangkit listrik dapat memanfaatkan apa saja mulai dari air, tenaga surya, diesel, udara, panas bumi dan sebagainya demi mencukupi kebutuhan listrik manusia. Listrik memang merupakan kebutuhan utama masyarakat terutama yang hidup di daerah perkotaan. Tanpa adanya listrik, tentu kegiatan operasional berbagai instansi maupun rumah tangga tidak dapat berjalan lancar. Pembangkit listrik atau power plant Indonesia ada beberapa macam, di antaranya adalah:

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
    Indonesia merupakan negara kepulauan dimana sumber daya berupa air tersedia dengan sangat melimpah di Indonesia sehingga menjadi SDA yang teramat potensial untuk membangun pembangkit listrik dengan memanfaatkan tenaga air. Potensi SDA tenaga air pun tersebar di seluruh Indonesia. PLTA tergolong salah satu power plant terbesar di Indonesia. Dengan memanfaatkan air sebagai energi utama, maka bahan bakar dapat digunakan sehemat mungkin.
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).
    Uap yang dihasilkan dari pemanasan ketel uap atau boiler pada PLTU digunakan sebagai pemutar turbin yang setelahnya diubah menjadi energi listrik oleh generator. Bahan bakar berwujud padat, cair atau gas digunakan PLTU sebagai bahan bakar. Batubara misalnya merupakan wujud bahan bakar yang padat dan minyak adalah wujud cair bahan bakarnya. Namun terkadang pada suatu PLTU, terdapat beberapa jenis bahan bakar. PLTU mempergunakan siklus uap air dalam operasionalnya.
  3. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).
    Kemudian ada juga Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, atau biasa disingkat PLTD. Ini merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga solar sebagai bahan bakar. Namun umumnya, hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam skala kecil seperti di wilayah yang terpencil di pedesaan maupun sebagai suplay listrik cadangan. Salah satunya adalah generator set atau biasa disebut genset yang mana jika Anda membutuhkannya, Anda bisa menyewanya di Sewatama. Sebenarnya masih ada banyak sekali power plant Indonesia seperti pembangkit listrik diesel dengan tenaga uap dan gas, tenaga surya, tenaga ombak, tenaga geothermal dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini