Macam-macam Soto di Indonesia dengan Bumbu Soto yang Berbeda-beda

Jika membicarakan mengenai kuliner Indonesia mungkin tidak ada habisnya, karena di negeri kita tercinta ini banyak sekali ragam kuliner dengan jenis yang macam-macam, seperti halnya soto ayam. Soto ayam merupakan makanan khas Indonesia yang mempunyai racikan khas. Makanan ini tersebar di seluruh kota yang ada di Indonesia dan masing-masing daerah mempunyai racikan bumbu soto yang berbeda satu sama lainnya, beberapa diantaranya seperti;

 

Soto Medan

 

Soto Medan rasanya sangatlah nikmat, kuah santan yang disajikan dengan perkedel yang kaya akan rempah membuat hidangan ini menjadi lebih spesial. Sebagai penyedap rasa ditambahkan bumbu jinten yang dilengkapi dengan emping, tomat, telor, kentang dan ditaburi bawang merah goreng.

 

Soto Lamongan

 

Soto ini berasal dari Jawa Timur dan satu-satunya soto yang disajikan mengunakan bumbu koya, meski tanpa santan soto ini tetap nikmat. Yang menjadikan soto ini terasa lebih gurih dan tidak berbau, karena ayam yang mereka gunakan adalah ayam kampung.

 

Soto Padang

 

Racikan dari bumbu soto minang ini mengeluarkan aroma yang sangat harum, kuah dari kaldu sapi dengan campuran cuka menghadirkan rasa asam dan kecut. Bukan daging ayam yang mereka gunakan melainkan daging sapi yang sudah digoreng kering. Campuran rempah-rempahnya sangatlah komplit seperti daun jeruk, jahe, serai, dan daun bawang juga tidak ketinggalan perkedel.

 

Soto Banjar

 

Bahan utama dari soto Banjar ini adalah ayam dan rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh yang beraroma. Isi dari soto Banjar ini yaitu ayam, perkedel, telor dan ketupat.

 

Soto Madura

 

Soto Madura berbeda dengan soto-soto yang lainnya, soto ini menggunakan babat, usus dan paru sapi yang dapat menyempurnakan rasa gurih soto tersebut. Isian dari soto ini cukup banyak dari soto yang lainnya, campuran tersebut seperti irisan kol, touge, bihun, telor rebus dan ayam.

 

Soto Betawi

 

Siapa yang tidak kenal soto betawi, makan yang dipaforitkan. Soto Betawi terkenal dengan kuah santan dan susunya yang gurih. Irisan daging yang terasa empuk, sambal, emping, paru yang renyah dan acar timun. Aroma yang tercium dari makanan ini sangatlah semerbak.

 

Soto Bandung

 

Yang menjadi ciri khas dari soto Bandung ini adalah kuahnya yang putih dengan lobak putih. Soto ini bisa dihidangkan dengan perkedel kentang atau singkong, kerupuk dan jeruk nipis yang menambah kesegaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.