Madu yang Baik dan Tepat untuk Anak

Madu yang Baik dan Tepat untuk Anak

Tidak jarang diantara para orang tua masa kini yang sudah memberikan madu kepada sang buah hatinya sejak dini karena memang asupan gizi yang terkandung di dalam nya sangatlah baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak termasuk pada kesehatannya juga, tidak hanya itu saja, hal ini pun juga dapat di gunakan sebagai salah satu cara untuk menggantikan peran gula. Akan tetapi cara pemberian yang salah pun juga tidak akan berdampak baik pula bagi kesehatan sang buah hati, karena untuk pemberiannya pun juga di batasi oleh usia, sehingga tidak semua anak-anak boleh diberikan pada usia dininya.

Pemberian pada sang anak pun alangkah baiknya jika ditunda yang mana pemberian ini ditunda hingga sang anak berusia di atas satu tahun, hal ini bertujuan mengenai rasa kekhawatiran pada alergi makanan ataupun tersedak pada anak. Meskipun hal ini jarang sekali terjadi, maka sebaiknya Anda sebagai orang tua tidak memberikannya dengan cara yang sembarang, karena apabila hal buruk ini terjadi, maka sang anak pun juga akan terkena resiko yang cukup tinggi yang mana dalam hal ini akan berdampak pada anak misalnya seperti kelemahan atau paralisis otot dan termasuk juga pada otot pernafasan oleh sebab itulah maka si anak akan mengalami gangguan pada bagian pernafasan yang akan berujung pada kematian.

Berikut ini adalah tanda serta gejala dari botulism bayi yang muncul pada 8 hingga 36 jam setelah sang anak mengkonsumsi madu, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Wajah pada anak akan datar.
  2. Terdapat gangguan pada saluran pernafasan anak.
  3. Anak memiliki gerak yang tidak aktif dan tidak seperti biasanya.
  4. Memiliki refleks hisap yang lemah.
  5. Anak akan mengalami kesulitan dalam hal menelan makanan apa pun.
  6. Hipersalivasi.
  7. Anak akan mengalami kelemahan pada bagian otot-ototnya.

Melihat dari tanda-tanda serta gejala yang ada di atas, maka alangkah baiknya jika Anda selalu memperhatikan dari segala hal sebelum memberikannya kepada anak, memang hal ini bisa dianggap hal yang sepele, akan tetapi jika hal ini terus menerus di biarkan berkepanjangan pun juga akan berdampak buruk pula pada kesehatan sang anak. Oleh sebab itulah jika Anda masih minim mengenai pengetahuan, maka alangkah baiknya jika Anda mengkonsultasikan hal ini kepada dokter atau tenaga medis yang lainnya.

Dalam dunia kesehatan pun juga telah memberikan batasan umur pada anak untuk mengkonsumsinya, sehingga sebaiknya bila Anda sebagai orang tua selalu memperhatikan hal-hal semacam ini dengan baik, meskipun hal ini bisa dianggap hal yang biasa yang mana dalam hal ini banyak para orang tua yang mengabaikannya, akan tetapi efek yang di dapatkan pun juga sangatlah luar biasa yang mana dalam hal ini mampu berdampak pada tingkat kematian pula. Sehingga agar sang buah hati terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan, maka selalu waspadalah dan berhati-hatilah dalam hal memberikan asupan makanan atau asupan gizi kepada anak.

Madu memang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk sang buah hati, akan tetapi di balik dari kelebihan tersebut, tentu juga ada aturan dalam mengkonsumsinya yang mana anak-anak boleh mengkonsumsinya asalkan sang anak sudah berusia lebih dari satu tahun, hal ini untuk memastikan bahwa sang anak sudah memiliki system pencernaan yang baik dan tidak mengalami gangguan pada system pencernaannya.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini