Makanan Bayi 9 Bulan yang Cocok Seperti Apa? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Makanan Bayi 9 Bulan yang Cocok Seperti Apa? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Memiliki bayi tentu menjadi sebuah kesibukan tersendiri bagi setiap orang tua, apalagi yang baru pertama kali memiliki bayi dimana keribetan kian besar karena masih belum terlalu pengalaman dalam merawat bayi. Selain keribetan ketika bayi menangis dan rewel, yang tak kalah penting adalah keribetan ketika mempersiapkan makanan bayi. Hal ini mengingat makanan bayi 9 bulan akan berbeda dengan makanan bayi ketika usianya lebih muda.

Masyarakat hingga kini kadang masih tidak mengetahui jika memberikan makanan bayi seharusnya disesuaikan dengan umur sang buah hati. Mereka cenderung memberikan bayi makanan sesuai apa yang diinginkan bayi, padahal hal ini bukanlah hal bagus karena terkadang makanan yang diinginkan bayi belum cocok dengan usianya. Setiap makanan yang diberikan pada bayi seharusnya wajib disesuaikan dengan umur dan juga kesiapan bayi dalam menerima makanan tersebut.

Setiap fase perubahan makanan bayi umumnya pun ditandai dengan beberapa hal. Kesiapan awal ketika bayi sudah mampu menerima makanan pendamping ASI adalah ketika dirinya sudah mulai mampu menyangga kepalanya sendiri dan mampu duduk dengan tegak. Selain itu refleksnya dalam mendorong lidah ketika minum ASI juga menjadi tanda bahwa dirinya sudah siap terima makanan tambahan. Terkadang, bayi juga terlihat tertarik dengan apa yang dimakan oleh orang dewasa sehingga seolah menginginkannya.

Jika Anda bingung terhadap tahap perkembangan makanan untuk bayi, maka berikut ini beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui:

  1. Bayi umur 4 sampai 6 bulan
    Tahap pertama ini adalah tahap dimana bayi mulai akan dikenalkan dengan makanan pendamping ASI. Di umur ini, ASI tetaplah jadi makanan yang utama untuk si kecil, namun bisa juga ditambahkan dengan makanan jenis lain misalnya susu formula. Untuk makanan dengan tekstur agak padat pun boleh diberikan misalnya sereal khusus bayi yang dicampur dengan ASI. Untuk mengawali perkenalan makanan, berikan dirinya sesendok dulu lalu bisa bertambah kian harinya. Jangan memaksa jika memang bayi masih belum mau
  2. Umur 6 sampai 8 bulan
    Di usia ini, bayi umumnya sudah mampu duduk tanpa butuh bantuan. Agar bisa lebih aman, Anda bisa memasangkan sabuk pengaman ketika bayi duduk. Ketika usia ini, bayi sudah mampu menerima makanan dengan tekstur yang lebih padat lagi misalnya sayur dan buah seperti wortel dan ubi. Namun tentunya bahan makanan tersebut wajib dimasak dan dihaluskan sehingga bayi bisa mencerna.
  3. Umur 8 sampai 10 bulan
    Berlanjut ke tahapan selanjutnya dimana bayi sudah mampu kunyah makanan dengan tekstur lebih kasar lagi misalnya biskuit bayi yang dipotong kecil. Makanan bayi 9 bulan yang banyak tersedia di pasaran umumnya adalah biskuit dengan bahan dasar susu. Anda juga bisa menambah jenis makanan lain misalnya buah dan sayur yang lebih variatif.
  4. Umur 10 sampai 12 bulan
    Untuk umur ini, bayi sudah mulai mampu untuk memakan makanan yang disantap oleh orang dewasa. Namun agar bayi tidak kesulitan, maka pastikan agar Anda memotong kecil lebih dulu makanan tersebut.

Itulah tahapan makanan pada bayi yang wajib diketahui orang tua. Perlu diketahui juga jika sistem pencernaan bayi beda dengan orang dewasa sehingga makanan yang masuk harus tahap demi tahap. Jika Anda kesulitan menemukan makanan bayi 9 bulan, maka Anda bisa mencarinya di toko online.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.