Makanan Tepat untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang penting bagi tumbuh kembang anak di masa depan. Pada masa itu, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan gizi yang lengkap dan seimbang sehingga pemilihan makanan untuk ibu hamil perlu dilakukan secara tepat dan cermat. Berikut berbagai jenis makanan yang bagus untuk dikonsumsi pada masa kehamilan.

1. Telur.
Satu butir telur hanya mengandung kurang lebih 90 kalori, namun manfaat yang terkandung di dalamnya amatlah banyak. Selain adanya 12 jenis vitamin dan mineral, telur juga kaya akan protein yang baik untuk perkembangan janin. Sel janin berkembang secara eksponensial dan setiap sel tersebut terbuat dari protein. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan protein untuk metabolisme tubuhnya sendiri.

Telur juga kaya akan kolin yang dapat mendorong pertumbuhan bayi secara keseluruhan dan kesehatan otak. Beberapa jenis telur bahkan mengandung lemak omega-3 yang sangat penting untuk perkembangan otak dan pengelihatan bayi. Lalu bagaimana dengan kandungan kolesterol telur? Anda tidak perlu khawatir karena mengonsumsi lemak jenuh yang berasal dari minyak gorengan jauh lebih berbahaya dibandingkan konsumsi kolesterol yang sudah tersedia alami dalam makanan, seperti telur. Selian itu, kandungan lemak jenuh pada setiap telur hanya 1,5 gram, sehingga wanita dengan kadar kolesterol normal aman mengonsumsi telur sebanyak 1-2 butir per hari selama masa kehamilan.

2. Ikan Salmon.
Ikan salmon merupakan makanan untuk ibu hamil yang baik karena seperti halnya telur, salmon tidak hanya kaya akan protein tetapi juga tinggi lemak omega-3 sehingga baik untuk tumbuh kembang janin. Selain itu, ikan salmon termasuk ikan yang rendah kandungan merkuri sehingga aman untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Namun jumlahnya harus dibatasi sebanyak 12 ons per minggu untuk mencegah akumulasi merkuri berlebih dalam tubuh.

3. Kacang-kacangan.
Jenis seperti buncis, kacang panjang, kacang kedelai hitam merupakan asupan untuk ibu hamil yang kaya serat. Seemasa kehamilan, perkembangan janin akan menekan saluran pencernaan sehingga daya cerna makanan menjadi melambat. Akibatnya ibu hamil berisiko mengalami konstipasi dan wasir. Makanan tinggi serat dapat membantu ibu mengatasi masalah-masalah tersebut.

 

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.