Manajemen Keuangan yang Baik Dari Gaji untuk Satu Bulan

Setiap orang, pasti memiliki kebutuhan yang sangat berbeda, dari mereka yang masih sekolah ataupun yang sudah bekerja. Dimana mereka yang masih bersekolah belum bisa mendapatkan gaji dan hanya menerima uang dari orang tua. Sedangkan untuk mereka yang sudah bekerja, pasti akan menerima gaji, dimana gaji tersebut dapat digunakan untuk mencukupi segala kebutuhannya. Selain itu, Anda harus memiliki manajemen keuangan yang baik agar gajinya tersebut dapat mencukupi semuanya.

 

Meskipun terkadang tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan hidup selalu saja ada dan tidak berhenti dalam satu focus saja. Untuk itu, Anda perlu sebuah manajemen keuangan yang bagus seperti mengatur pengeluaran di setiap harinya. Lalu menghitung semua jumlah anggaran dari kebutuhan satu bulan. Yang pada biasanya gaji dapat diterima satu bulan sekali, disini Anda harus mengatur bagaimana gaji tersebut dapat bertahan satu bulan penuh, bukan setengahnya saja. Walaupun sebagian besar dari kita hanya mampu menggunakan gaji tidak sampai full. Dalam artian tidak dapat bertahan dalam satu bulan.

 

Apabila gaji dari satu bulan tidak dapat bertahan dalam satu bulan itu juga, maka Anda harus memulai langkah baru dari manajemen keuangan yang baik. Dimana managemen ini membiasakan Anda untuk berfikir lebih lagi dalam membelanjakan uang, adakah kebutuhan tersebut memang sangat pokok atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kebutuhan yang tidak terlalu penting.

 

Apakah Anda memiliki gaji yang dapat dikatakan pas-pasan? Memang, setiap pekerjaan memiliki gaji yang berbeda-beda, dimana gaji tersebut memiliki nominal yang dapat dikatakan besar dan kecil. Namun, setidaknya gaji yang didapatkan termasuk dalam kategori UMR. Meskipun begitu, terdapat beberapa pekerjaan yang gajinya berada di bawah UMR. Dalam kondisi tersebut, Anda harus semakin pintar dalam manajemen keuangan yang baik agar segala kebutuhan dapat tercukupi dan tidak hutang atau melebihi budget.

 

Bukanlah suatu hal yang tidak mungkin apabila harus hutang untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat primer ataupun sekunder. Di sini, seperti apapun kebutuhan Anda, setidaknya gaji yang diterima harus mengcover segala kebutuhan hingga penerimaan gaji selanjutnya. Dengan manajemen keuangan yang bagus Anda bisa memenuhi kebutuhan dari yang primer dari gaji yang pas-pasan. Terlebih lagi apabila Anda merupakan orang yang dapat bertindak hemat tanpa boros, hal ini akan lebih menguntungkan lagi. Bahkan, Anda pun dapat menyisihkan beberapa uang untuk membeli kebutuhan yang bersifat sekunder dari gaji yang pas-pasan.

 

Sebenarnya, gaji pas-pasan tidak menghambat seseorang untuk membeli kebutuhan sekunder dan tersier. Dengan syarat Anda bisa menjalankan manajemen keuangan yang baik dari gaji yang pas-pasan tersebut. Sehingga, Anda pun tidak akan mengharuskan untuk hutang. Jadi, dengan gaji pas-pasan Anda bisa memperoleh kebutuhan dengan managemen tersebut. Seperti dengan memenuhi kebutuhan yang benar-benar pokok terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.