Mencegah Diabetes Dengan Mengenali Cirinya Sejak Awal

Mencegah Diabetes Dengan Mengenali Cirinya Sejak Awal – Penyakit diabetes atau dikenal dengan penyakit gula ini cukup ditakuti. Mengingat akibat yang akan dirasakan seperti luka yang sulit mengering karena adanya gangguan kerusakan sel pembangun jaringan tubuh. Rusaknya jaringan sel membuat luka yang sulit mengering yang seringkali membusuk dan akhirnya harus berakhir dengan pemotongan anggota tubuh tersebut yaitu amputasi. Gangguan fungsi syaraf lainnya adalah syaraf penglihatan. Untuk penderita akut gangguan penglihatan diawali dengan gejala terganggunya penglihatan ringan sampai kebutaan. untuk mencegah penyakit tersebut muncul di tubuh kita ada baiknya kita mengenali ciri-ciri diabetes sejak awal. Berikut beberapa gejala awal penyakit gula darah ini.

Ciri pertama adalah rasa haus yang berkepanjangan. Rasa haus pada penderita penyakit ini adalah disebabkan oleh menurunnya kadar insulin dalam tubuh. Hal ini memperberat kerja ginjal untuk memecah glukosa dalam darah. Untuk mempermudah proses pemecahan glukosa akhirnya ginjal mengambil banyak air dari darah. Itulah yang menyebabkan rasa haus yang berkepanjangan. Maka untuk memenuhi rasa hausnya para penderita diabetes banyak minum air putih.

Ciri-ciri diabetes yang kedua adalah sering buang air kecil. Jumlah insulin yang sedikit membuat kerja ginjal sangat berat untuk memecah glukosa dan memaksa ginjal untuk mengambil air dari darah. Memperbanyak minum air putih bisa menjadi solusi. Semakin banyak minum maka semakin sering buang air kecil.

Ciri yang ketiga adalah sering merasa kesemutan. Area yang sering kesemutan adalah tangan dan kaki. Kesemutan biasanya dianggap hal yang remeh dan pada orang awam dianggap biasa sebagai akibat dari terhentinya aliran darah karena terlalu lama duduk. Namun pada gejala diabetes kesemutan merupakan tanda bahwa ada jaringan sel-sel yang rusak. Kerusakan jaringan sel akan berakibat fatal pada kelumpuhan sistem syaraf. Kebutaan sering menjadi akibat terburuk dari lumpuhnya sistem syaraf tubuh.

Demikian beberapa gejala diabetes. Dengan memahami begitu buruk akibat yang ditimbulkan oleh penyakit ini kita bisa waspada dan berupaya untuk mengenali gejala awal untuk mencegah penyakit ini ada di tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.