Mengatasi Kerontokan Rambut pada Bayi

Kebanyakan orang tua menjadi risau ketika melihat anak bayinya mengalami kerontokan rambut. Padahal kerontokan rambut yang dialami oleh bayi merupakan hal yan wajar. Apalagi untuk bayi yang baru berumur 1 hingga 3 bulan pertama sejak ia dilahirkan. Istilah rambut rontok pada bayi ni biasanya disebut dengan telogen effluvium. Kadar hormon bayi baru lahir turun langsung setelah kelahiran, yang dapat menyebabkan bayi kehilangan rambut yang sudah ada sejak di lahirkan. Ibu baru juga sering mengalami rambut rontok pada saat yang sama dengan sang Buah hati. Selain itu juga memerhatikan pemakaian produk yang bagus untuk rambut bayi juga bisa menjadikan penyebab rontoknya rambut. Seperti penggunaan bahan kimia dan bukan menggunakan bahan alami seperti aloe vera.

Kebotakan bayi bisa anda perhatikan dari cara ia tidur atau cara ia duduk. Karena gesekan kepala ke benda yang menempel dengan kepalanya juga dapat membuat kebotakan terjadi. Jika dia selalu tidur dengan posisi yang sama atau cenderung duduk dengan kepalanya menyandar di kursi, berarti ada kemungkinan rambut bayi anda rontok.

Jika sudah rontok memang tidak ada yang bisa dilakukan. Yang pasti nantinya akan tumbuh kembali jika hormonnya memang memiliki rambut yang lebat. Selain itu jika rambut rontok adalah karena bayi Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di posisi sama, coba latih cara bayi Anda tidur selama tidur siang dan malam hari. Jika biasanya Anda menidurkannya telentang dengan kepala di salah satu ujung tempat tidur, cobalah menempatkan bayi Anda dengan kepalanya di ujung lain setiap malam. Bayi Anda akan mengubah kepalanya ke samping untuk melihat keluar dari tempat tidur, sehingga dia akan beristirahat di bagian yang berbeda dari sebelumnya.

Selain itu juga anda bisa dengan berkonsultasi dengan dokter bayi untuk membicarakan dan menganalisis tentang pertumbuhan bayi anda. jika memang rambut rontok adalah hal yang wajar anda tidak perlu khawatir, namun jika memang ada masalah kesehatan berarti bayi anda butuh penanganan medis. Namun alangkah baiknya jika memang tidak ada masalah, anda memperhatikan kesehatan rambut bayi anda dengan menggunakan produk – produk dengan bahan alami seperti aloe vera yang berguna untuk menyehatkan dan juga membersihkan rambut serta kulit kepala bayi anda. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.