Mengenali Penyebab Bronkitis pada Anak

Tahukah anda bahwa penyakit bronkitis dapat dialami oleh siapa saja? Bahkan penyakit yang satu ini juga dapat terjadi pada anak-anak sehingga perlu diwaspadai dari sekarang. Penyebab bronkitis pada anak juga perlu anda kenali lebih dalam supaya penyakit tersebut dapat dihindari dan dicegah sebelum terlambat. Pada dasarnya, bronkitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan atau peradangan pada cabang tenggorokan atau bronchus sehingga akan mengganggu sistem pernafasan menuju paru-paru.

 

Secara umum, ada beberapa penyebab bronkitis anak yang dapat mengancam kesehatan. Beberapa penyebab yang dimaksud antara lain:

 

  • Adanya gangguan virus seperti influenza, rhinovirus, sincytial virus, adenovirus dan coxsakie virus.
  • Alergi terhadap debu di udara yang terhirup dan mengganggu pernafasan.
  • Adanya pengaruh perubahan cuaca yang tidak menentu.
  • Asap rokok, kendaraan bermotor dan masalah polusi udara yang mengganggu sistem pernafasan lainnya.

 

Supaya anak-anak tidak terkena bronkitis, yang perlu anda lakukan sebagai orang tua adalah memberikan proteksi dan perlindungan imun yang baik bagi anak dengan memberikannya makanan-makanan bernutrisi supaya tidak mudah terserang gangguan virus dan infeksi. Anda juga perlu memperhatikan lingkungan bermain dan tempatnya beraktivitas, pastikan kebersihannya terjaga sehingga anak akan terlindung dari berbagai bahaya kesehatan. Dengan demikian, berbagai penyebab bronkitis pada anak yang disebutkan tadi tidak perlu dikhawatirkan karena dapat dicegah dengan baik dan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.