Pendapat Bank Dunia Tentang Kondisi Ekonomi Indonesia Terkini

Pendapat Bank Dunia Tentang Kondisi Ekonomi Indonesia Terkini

Keadaan ekonomi Indonesia dinilai terus meningkat. Peningkatan ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia. Karena terbukti di tengah ketidakpastian ekonomi global yang terjadi, Indonesia masih bisa tumbuh hingga 5,02% tahun lalu.

Bank Dunia pun mengamati pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2017 ini sebesar 5,2%. Ini adalah bentuk pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat disertai dengan harga komoditas yang lebih tinggi telah dinilai menjadi pendorong utamanya.

Seperti yang dilansir dari kondisi ekonomi Indonesia terkini, Kepala Perwailan Bank Dunia di Indoensia Rodrigo Chaves mengatakan “Pertumbuhan ekonomi di Indonesia naik pertama kali dalam 5 tahun terakhir. PDB 2016 saja bisa mencapai 5,02% dari awalnya 4,9% di 2015, itu adalah kabar baik. Setelah terjadinya penguatan di tahun 2016, pertumbuhan ekonomi 2017 diharapkan dapat membantu kenaikan harga komoditas serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi 5,2% sampai 5,3% di 2018.” Hal ini ia kemukaan disaat acara Indonesia Economic Quarterly, di Energy Building, SCBD, Jakarta, Senin (22/3/2017).

Adanya pertumbuhan konsumsi rumah tangga juga diproyeksikan akan terus meningkat karena nilai tukar rupiah yang sedang stabil. Sementara itu, upah riil yang lebih tinggi serta angka pengangguran yang terus menurun memberikan dukungan bagi peningkatan daya beli konsumen.

Menurut kondisi ekonomi Indonesia terkini pertumbuhan investasi swasta juga diperkirakan akan meningkat dikarena kanharga komoditas yang sudah mulai pulih kembali. Selain itu ada efek dari pelonggaran moneter pada tahun 2016 serta reformasi ekonomi yang terjadi baru-baru ini. Disaat yang sama, harga komoditas yang lebih tinggi juga akan mengurangi terjadinya kendala fiskal dan dapat meningkatkan belanja pemerintah. Serta dismaping itu semua pertumbuhan global yang menguat akan meningkatkan daya ekspor.

Namun, Indonesia juga perlu mewaspadai kondisi ekonomi global saat ini. Antara lain adanya perubahan dalam kebijakan perdagangan di banyak negara maju, perubahan-perubahan yang tidak terduga dalam kebijakan moneter Amerika Serikat, terjadinya ketidakpastian politik di Eropa. Demikian berita ekonomi dan bisnis terupdate hari ini.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini