Peran Keluarga Agar Anak Selamat dari Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas memang menjadi momok tersendiri bagi para orang tua khususnya yang mempunyai anak remaja. Banyak kasus pelecehan seksual dan penggunaan narkoba yang menimpa para remaja. Angka pelecehan seksual bahkan semakin meningkat setiap tahunnya. Tidak Hanya itu, banyak anak remaja yang hamil diluar nikah. Pasangan remaja pada jaman yang semakin maju ini sudah berani melakukan hal-hal yang di langgar oleh agama. Peran Keluarga sangat dibutuhkan untuk mendidik putra-putri untuk terhindar dari pergaulan bebas. Bila perlu, buat larangan untuk berpacaran. Banyak kasus hamil diluar nikah pada usia dibawah 17 tahun. Sungguh membuat geleng-geleng kepala bagaimana pergaulan jaman sekarang.

 

Selain tentang kehamilan di luar nikah, masalah yang sering di sorot adalah anak-anak SD yang sudah mengenal rokok. Banyak dijumpai di jalan maupun daerah tongkrongan, anak kecil yang belum mencapai usia 17 tahun sudah pandai merokok baik wanita maupun pria. Sungguh menyayat hati bila orang tua memiliki anak seperti ini. Untuk terhindar dari pergaulan bebas yang dapat merenggut kehancuran masa depan sang anak, peran penting keluarga memang diperlukan. Perilaku baik buruknya sang anak terbentuk dari keluarga dan lingkungan.

 

Jika sang anak hidup di lingkungan keluarga yang damai, perhatian dan penuh kasih sayang kecil kemungkinan akan terjerumus kedalam pergaulan bebas. Peran keluarga memang sangat dibutuhkan. Untuk para orang tua yang mempunyai anak remaja, dihimbau agar selalu memberikan perhatian lebih agar sang anak merasa nyaman hidup di dalam rumah.

 

Lihat juga artikel tips lainnya tentang hubungan keluarga di

http://www.mari-bicara.com/artikel/detail/peran-anggota-keluarga-dalam-keberhasilan-akademis-anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.