Perbedaan Nabi dan Rasul yang Harus Kalian Ketahui

Sebagai seorang Muslim, maka sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk meyakini bahwa Nabi dan Rasul merupakan utusan Allah SWT. Ya, meski kita belum pernah bertemu dengan sosoknya, namun kita harus yakin bahwa Nabi dan Rasul adalah orang-orang pilihan Allah SWT.

Akan tetapi, tak sedikit dari kita yang masih salah paham mengenai perbedaan Nabi dan Rasul. Bahkan, ada pula sebagian dari kita yang menganggap bahwa Nabi dan Rasul itu sama saja. Padahal, sejatinya setiap Nabi bukan berarti Rasul, tapi Rasul sudah pasti Nabi.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Nabi dan Rasul adalah suri tauladan bagi umat Islam yang mana perilaku sehari-harinya patut kita contoh. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai perbedaan Nabi dan Rasul, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Nabi

Secara etimologi, kata Nabi berasal dari kata Naba yang artinya adalah “dari tempat yang tinggi”. Sedangkan pengertian Nabi secara umum, yakni merupakan seorang manusia Hamba Allah SWT yang ditunjuk untuk menyampaikan wahyu Allah SWT kepada dirinya sendiri.

Pada intinya, wahyu yang diturunkan kepada Nabi kemudian tidak disampaikan kepada umatnya. Dengan kata lain, wahyu yang didapatnya tersebut hanya akan diamalkan oleh dirinya sendiri dan tidak ada kewajiban untuk menyampaikan kepada umatnya.

Pengertian Rasul

Lain halnya dengan Rasul, yang mana katanya berasal dari kata Risala dengan arti “Penyampaian”. Ya, Rasul merupakan seorang yang diberikan wahyu dan kepercayaan oleh Allah SWT, untuk kemudian diamalkan dan wajib disampaikan kepada semua umat manusia.

Menurut informasi yang didapat, jumlah Nabi yang di utus Allah SWT ke dunia bisa mencapai 124 ribu nabi. Sedangkan jumlah Rasul hanya mencapai 312 saja. Kendati demikian, dalam Al Quran hanya menyebutkan beberapa nama saja mengenai sosok Nabi dan Rasul.

Hal itu tercantum dalam surat Al-Ghafir ayat 787 yang berbunyi, “Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, diantara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan diantara mereka adapula yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang Rasul membawa suatu mu’jizat melainkan dengan seizin Allah”.

25 Nama Nabi dan Rasul Dalam Al Quran

Perlu kalian ketahui, hanya terdapat 25 nama Nabi dan Rasul yang disebutkan dalam Al Quran maupun hadits. Tentu saja 25 Nabi dan Rasul tersebut wajib diimani oleh setiap Muslim. Adapun mengenai 25 nama Nabi dan Rasul yang dimaksud seperti berikut :

  1. Adam AS
  2. Idris AS
  3. Nuh AS
  4. Hud AS
  5. Saleh AS
  6. Ibrahim AS
  7. Luth AS
  8. Ismail AS
  9. Ishaq AS
  10. Yaqub AS
  11. Yusuf AS
  12. Syu’aib AS
  13. Ayyub AS
  14. Dzulkifli AS
  15. Musa AS
  16. Harun AS
  17. Daud AS
  18. Sulaiman AS
  19. Ilyas AS
  20. Ilyasa AS
  21. Yunus AS
  22. Zakaria AS
  23. Yahya AS
  24. Isa AS
  25. Muhammad SAW

Selain pada surat Al-Ghafir ayat 787, penjelasan mengenai sosok Nabi dan Rasul juga tercantum dalam QS. Al-Hajj ayat 52 yang berbunyi:

“Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang rasul pun dan tidak (pula) seorang nabi, kecuali apabila ia mempunyai sebuah keinginan, setan pun memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu. Allah menghilangkan apa yang dimasukkan oleh setan itu dan Allah menguatkan ayat-ayat-Nya. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.