Pertolongan Pertama Merawat Luka Yang Terpotong Pisau

Pertolongan Pertama Merawat Luka Yang Terpotong Pisau

Luka jari terpotong pisau adalah salah satu  dari jenis luka terbuka yang biasa terjadi pada permukaan luar kulit. Umumnya luka terpotong pisau ini terjadi pada lapisan epidermis kulit, meski tak separah luka sayat, luka akibat terpotong pisau ini sejatinya bila tidak segera disembuhkan, bisa saja meninggalkan bekas atau jaringan parut pada kulit anda. Untuk itu perlunya anda memahami tentang cara bagaimana cara merawat luka terpotong pisau ini, dengan sentuhan pertolongan pertama agar bisa diobati dengan segera.

Adapun cara mengobati luka terpotong pisau ini yang bisa anda lakukan di rumah adalah sebagai berikut :

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan luka dari kotoran yang masih menempel di bagian tubuh yang luka, dengan menggunakan air yang mengalir atau cairan antiseptic hingga bersih.
  2. Selanjutnya anda bisa mengoleskan antibiotic agar bisa membuat luka tetap lembab, sehingga dengan demikian bisa mempercepat proses penyembuhan luka serta bisa mencegah infeksi.
  3. Tutup luka dengan kasa steril ataupun plester luka yang lembut di kulit dan bisa diganti setiap hari.
  4. Jika luka lecet yang diderita terasa sangat sakit, maka anda bisa mengkonsumsi analgesic.
  5. Hindari luka dari sinar matahari secara langsung untuk mencegah hiperpigmentasi permanen.
  6. Hindari mengoleskan salep ataupun bahan lainnya selain obat luka kecuali sudah dianjurkan oleh dokter.
  7. Jika terdapat memar ataupun bengkak, kompres dengan es

Namun jika luka anda tersebut tidak kunjung sembuh, dan pinggiran luka menganga terbuka dan area luka terasa kebas, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter terdekat. Namun perlu anda ketahui juga bahwa waktu untuk penyembuhan luka selalu berbeda dari setiap orang. Hal ini dikarenakan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti diantaranya seperti faktor usia, penyakit yang diderita, malnutrisi, suhu dan cuaca tempat tinggal, sistem kekebalan tubuh, infeksi pada luka, faktor perokok, dan lain sebagainya.

Informasi lebih lanjut mengenai pertolongan pertama pada luka ini bisa anda baca di situs kesehatan terbaik saat ini di Indonesia yakni di www.guesehat.com yang banyak menyediakan berita menarik kesehatan seperti misalnya menangani luka, info mengenai nutrisi dan multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.