Program Rumah Susun, Problematika dan Manfaatnya

Pernah mendengar kasus penggusuran lahan oleh beberapa pemda di wilayah anda? Dan katanya bahwa di atas lahan tersebut akan dibangun rumah susun yang bisa menampung warga lebih banyak dengan efisiensi luas lahan yang optimal. Rumah susun merupakan dilematis tersendiri bagi pemerintah yang sebenarnya memiliki program bagus tapi diterima dengan persepsi yang berbeda oleh warga. Rumah susun ini sebenarnya bisa menjadi alternative pilihan lain bagi warga yang daripada tinggal di tanah-tanah liar mending tinggal di rumah susun. Dengan adanya program rumah susun ini diharapkan bisa memberikan nilai tambah lebih pada kelayakan huni warga Indonesia. Dalam hal perabotan, rumah susun ini sudah dilengkapi dengan beragam perabotan jadi penghuninya tidak usah repot-repot memikirkan isi rumahnya.

Dibalik sisi positif yang ditimbulkan oleh program rumah susun, ternyata ada sisi negative juga yang menjadi pertimbangan bahkan penolakan sebagian besar warga untuk pindah ke rumah susun tersebut. Salah satunya sisi negatifnya adalah rumah susun ini tidak bisa dimiliki, dengan kata lain rumah susun ini hanya disewakan kepada warga dengan harga yang murah juga tentunya. Selain itu, sisi negative lainnya dari rumah susun ini adalah kendala air yang kadang-kadang tidak tersalurkan dengan baik sampai ke seluruh bagian rumah susun. Rumah susun ini juga memiliki dampak sosial lain yang akan membuat kehidupan sosial warga yang menghuninya menjadi asosial. Rumah susun di plot dengan desain menyerupai apartemen yang tertutup sehingga satu warga dengan warga lainnya tidak akan bia bersosialisasi dengan baik.

Program rumah susun yang menimbulkan problematika ini tentunya sudah dipikirkan matang-matang oleh pemerintah karena sudah pasti tujuan utamanya adalah untuk membuat setiap warga Negara yang tinggal di Indonesia ini dapat hidup dan tinggal dalam kondisi rumah yang layak huni. Semoga program ini bisa berlanjut terus dan membuat kehidupan warga Indonesia menjadi lebih baik lagi. Rumah susun adalah solusi tepat untuk masyarakat Indonesia agar taraf kehidupannya bisa sejajar dengan semua jenis kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.