Resep Sayur Lodeh, Masakan Tradisional Lezat ala Jawa

Memperoleh sayur lodeh dalam santapan yang dihidangkan tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi penggemar menu tradisional yang berasal dari Indonesia, terutama daerah Kebumen dan Jawa Tengah. Sayuran yang segar dengan berbagai campuran rempah-rempah ini dapat meningkatkan nafsu makan keluarga dengan cita rasanya yang khas. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, resep sayur lodeh ini mengalami modifikasi sesuai dengan kegemaran masing-masing daerah, terutama dari bumbu dan bahan yang digunakan untuk memasak sayur lodeh tersebut.

Pada resep sayur lodeh, bahan-bahan yang digunakan terdiri dari berbagai macam sayuran, seperti nangka muda, terong, daun melinjo dan buahnya, kacang panjang, labu siam, wortel, juga jagung muda yang manis. Campuran sayur mayur ini lah yang mendukung kandungan gizi yang tinggi dari sayur lodeh. Adapun bumbu yang secara umum digunakan untuk memasak sayur lodeh tersebut yaitu cabe merah yang diiris, bawang putih dan bawang bombay, santan, daun salam, lengkuas, minyak goreng, garam, gula, dan terasi bagi yang menyukainya. Keseluruhan bahan ini mudah diperoleh di pasar tradisional, sehingga memudahkan bagi yang baru pertama kali memasak sayur ini.

Cara memasak resep sayur lodeh pun terbilang mudah. Yang pertama kali dilakukan adalah dengan menumis bumbu, seperti bawang putih dan bawang bombay, terasi, serta cabe merah. Kemudian masukkan semua sayuran yang telah dipotong, diawali dengan sayuran yang paling lama matangnya. Setelah semuanya ditumis sampai setengah matang, masukkan daun salam, garam, dan gula secukupnya, lalu tambahkan air putih dan santan. Setelah mendidih, baru masukkan daun melinjo. Sayur lodeh pun siap disajikan sebagai santapan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.