Sumber Air Bersih yang Baik

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, biasanya manusia memanfaatkan dari sumber sumber air yang terletak di sekitar permukiman. Baik itu air dari alam langsung, mau pun air setelah mengalami beberapa proses pengolahan dahulu. Tempat dari sumber air itu di bedakan menjadi 3, menurut Sugiharto (1983). Yang pertama yaitu bersumber dari air hujan, kemudian air angkasa yang berwujud berupa salju dan air hujan. Yang ke dua yaitu bersumber dari Air permukaan. Air ini berada di dalam permukaan bumi, dapat berupa air danau, air sungai dan juga air laut. Kemudian yang terakhir yaitu bersumber dari air tanah.

Air tanah itu terbentuk dari sebagian air hujan yang jatuh ke permukaan tanah dan sebagian dari air tersebut meresap ke dalam tanah. Peresapan itu terjadi melalui celah celah atau pori pori dan juga melalui akar tanaman, kemudian bertahan di lapisan tanah dan membentuk suaru lapisan yang mengandung aquifer atau air tanah. Air tanah yang sering di gunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari hari itu bernama artesis (air tanah atas). Artesis itu letaknya ada di dua lapisan tanah yang kedap oleh air, ada yang sifatnya tidak tertekan dan ada yang tertekan. Sedangkan aquifer adalah air tanah yang dangkal, yaitu terletak pada permukaan tanah dan juga fluktuasi volume sangat di pengaruhi oleh curah hujan.

Di Indonesia, khususnya daerah pedesaan yang menggunakan sumur galian agar dapat mengambil air tanah ini. Menurut Dwijosaputro (1981), sumur galian adalah sarana untuk mendapatkan air yang bersih dengan cara paling sederhana dan hal itu sudah lama di kenal oleh masyarakat. Sumur galian di buat dengan cara menggali tanah sampai dalam, sampai kedalaman lapisan tanah kedap air yang pertama. Air sumur pada umumnya lebih bersih dari pada air permukaan, karena air yang telah merembes ke dalam tanah itu akan di saring oleh beberapa lapisan tanah yang di lewatinya. Itu lah beberapa sumber dari air bersih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.