Tiang Penerangan Jalan Umum Untuk Daerah Terpencil

Tiang Penerangan Jalan Umum Untuk Daerah Terpencil

Daerah yang belum mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan manfaat dari listrik terutama pelosok masih sangat banyak di dunia ini terutama di negara berkembang dan tertinggal. Salah satu organisasi non profit yang terkenal dan mendedikasikan diri untuk penerangan adalah Lighting Africa. Dengan menggunakan teknologi solar panel serta teknologi penerangan jalan umum, tujuan mereka adalah memberikan kesempatan bagi daerah terpencil di Senegal untuk menikmati kualitas lebih baik dengan mendapatkan penerangan yang lebih baik di malam hari.

Di Indonesia sendiri, daerah yang belum mendapatkan penerangan umum masih cukup banyak terutama daerah pelosok dan daerah penghubung atau jalan penghubung. Hal ini secara umum dikarenakan belum masuknya aliran listrik ke daerah tersebut. Tanpa adanya jangkauan listrik dari unit pembangkit listrik ke daerah daerah tersebut, maka mustahil bagi daerah pelosok tersebut dapat merasakan manfaat listrik maupun penerangan.

Solusi Listrik Untuk Daerah Pedalaman
Sebelum ditemukannya teknologi solar atau listrik tenaga surya, penggunaan peralatan genset atau generator set menjadi pilihan utama. Kendala kendala yang sering dihadapi dengan menggunakan unit genset adalah mobilisasi unit ke lokasi dan mobilisasi bahan bakar yang harus berkelanjutan serta suku cadang untuk pemeliharaan unit.

Oleh karena berbagai keterbatasan tersebut, diperlukan teknologi baru yang lebih efisien dan tentunya lebih efektif diperlukan untuk menunjang pembangunan. Setelah bertahun tahun melalui berbagai riset dan penelitian, akhirnya teknologi tenaga surya dapat digunakan secara meluas. Dan dengan semakin majunya teknologi surya, peralatan yang diperlukan juga semakin ringkas.

Pemanfaatan Teknologi Tenaga Surya

Dengan ditemukannya teknologi tenaga surya, maka saat ini  telah terbuka kesempatan untuk mempercepat pembangunan di daerah terpencil. Ditambah lagi dengan mudahnya penerapan teknologi surya ini dimana membutuhkan waktu yang singkat untuk merencanakan dam implementasi.

Untuk melakukan pembangunan hingga ke pelosok, hal pertama yang diperlukan adalah infrastruktur yang memadai. Jalan penghubung serta penerangan untuk jalan penghubung di malam hari merupakan faktor yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Penerangan jalan umum merupakan hal yang krusial dibanding medan yang mudah dilalui. Dengan adanya penerangan jalan yang memadai maka operasional logistic material dapat dilakukan dengan lancer dan tentunya dapat mempercepat proses pembangunan.

Tiang Penerangan Jalan Umum Bertenaga Surya

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk beberapa daerah yang terpencil, listrik tidak sepenuhnya tersedia. Sehingga untuk memberikan daya bagi tiang penerangan jalan, dibutuhkan alternatif lainnya. Dengan teknologi tenaga surya, tiang pju (penerangan jalan umum) dapat memiliki sumber listrik independen. Sumber listrik tiang penerangan jalan umum didapat dengan menyimpan energy cahaya matahari yang dikonversi menjadi daya listrik dan kemudian disimpan di media penyimpanan baterei. Metode ini memungkinkan tiang pju tersebut dapat menghasilkan sendiri arus listrik yang dibutuhkan selama memiliki cukup cahaya matahari yang menyinarinya.

Dengan dilengkapi fungsionalitas tersebut, maka ketidak tersediaan aliran listrik dari unit pembangkit tenaga listrik telah dapat diatasi. Selain itu juga menghemat waktu dan biaya yang biasanya dibutuhkan untuk instalasi kabel dari pusat pembangkit listrik ke daerah daerah.

Untuk bentuk dari tiang penerangan jalan umum itu sendiri tidak merupakan persoalan selama dapat dipasangi solar cell. Solar cell adalah lembaran yang berfungsi mengkonversi cahaya matahari menjadi arus listrik. Selain itu dibutuhkan juga panel kecil di badan tiang jalan umum yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan baterai dan panel listrik controller.

Dengan adanya inovasi teknologi seperti ini, penghematan biaya, penghematan sumber daya seperti minyak bumi atau batu bara yang dipakai untuk mengerakkan unit pembangkit listrik dapat diminimalkan. Selain penghematan biaya dan sumber daya, tiang penerangan jalan umum dengan dipasangi solar cell juga dapat menjadikan proses pemasangan tiang lampu menjadi lebih efisien.

Di masa depan, inovasi dan teknologi baru akan terus bermunculan yang tentunya akan menaikkan kualitas hidup kita. Sebagai contoh, solar cell saat ini telah banyak dipasang dirumah rumah residensial sebagai alternative pengganti listrik dari PLN. Dengan menggunakan solar cell untuk sumber listrik alternatif dapat membantu menghemat budget listrik bulanan dan selain itu juga dapat berkontribusi untuk sumber daya alam kita.

Untuk mendapatkan produk Tiang Penerangan Jalan Umum ini. Anda bisa menemukannya di marketplace nya para supplier B2B yang terbesar di Indonesia yaitu Indotrading.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.