Tips Membuat Kamar Mandi Aman Buat Sang Bayi

Tips Membuat Kamar Mandi Aman Buat Sang Bayi

Bagi orang dewasa, kamar mandi tentu bukanlah ruangan yang terlalu berbahaya (kecuali jika kamu memelihara seekor buaya di bak kamar mandi). Namun bagi bayi, kamar mandi dapat menjadi sumber malapetaka karena bisa saja bayi terpeleset ataupun masuk kedalam bak berisikan air. Karena sangat berbahaya bagi bayi, kamar mandi biasanya didesain agak jauh dengan aktivitas sang bayi. Tak hanya itu, beberapa orang tua bahkan membuat palang di mulut pintu sehingga hanya orang dewasa yang bisa melewatinya. Namun hal itu belumlah cukup, karena kamar mandi juga digunakan orang tua untuk memandikan bayi. Nah dalam artikel ini kami akan membahas 5 tips membuat kamar mandi aman buat sang bayi.

  • Tetap Waspada dan Selalu Temani Bayi

Bayi bisa saja tenggelam bahkan jika bak hanya berisikan beberapa liter air, jadi jangan pernah biarkan anakmu sendirian dalam kamar mandi, meskipun beberapa detik saja. Jika ada orang yang mengetuk pintu atau telpon berdering di seberang ruangan, maka balut anakmu dengan handuk dan bawa dia bersamamu. Agar semakin aman, sebaiknya kamu tempatkan kursi atau palang dalam bak mandi bayi sehingga bayi tetap aman bahkan ketika kamu mesti mengacuhkannya. Jangan pernah biarkan air terus mengucur kedalam bak mandi, terutama ketika tidak digunakan.

  • Gunakan Peralatan Mandi yang Berkualitas

Untuk memastikan bahwa anakmu tetap aman saat berada dalam kamar mandi, pastikan kamu hanya menggunakan peralatan mandi yang berkualitas. Jangan pernah membeli bak mandi dengan kualitas buruk, karena bisa jadi bak mandi pecah sehingga membahayakan bayi. Tak hanya itu, pastikan kamu ‘pun membeli peralatan bayi yang terbuat dari material yang aman untuk kulit bayi. Kamu ingin membeli peralatan mandi bayi yang berkualitas namun dengan harga yang terlalu mahal? Nah kamu bisa beli peralatan mandi bayi murah ini lewat Orami Bilna. Gunakan kode voucher Orami, dan kamu ‘pun bisa membeli berbagai peralatan mandi bayi paling high-quality dengan biaya yang sangat rendah.

  • Perhatikan Beberapa Elemen dengan Detail

Meskipun kamu sudah membeli peralatan mandi bayi yang berkualitas dan juga sudah menempatkan berbagai item agar sang bayi aman, tetap saja hal itu belum cukup. Matamu mesti lebih tajam melihat berbagai kemungkinan terjadinya kecelakaan. Agar bayi tidak terpeleset ketika berada dalam bak mandi, pasang strip non-slip di bagian dasar bak mandi. Selain itu, pasang juga cover berisikan busa empuk dibagian bawah wastafel, sehingga anak terhindar dari benturan yang tak disengaja. Kamu ‘pun mesti membiasakan diri menutup seluruh lubang seperti toilet atau bak mandi. Bahkan jika perlu, gunakan toilet dengan sistem penguncian jadi bayi benar-benar tak bisa membukanya.

  • Temperatur Air

Agar bayi terhindar dari kepanasan, sebaiknya setting keran air dengan batas temperatur hanya mencapai 45 celcius. Coba cek olehmu dengan menggunakan siku atau telapak tangan, apakah batas maksimal temperatur air terlalu panas atau tidak bagi bayi. Ketika anakmu sudah lumayan besar, pastikan kamu memberitahu caranya menggunakan keran air yang aman.

  • Tempatkan Kotak Penyimpanan Lebih Tinggi

Agar bayi tidak bisa menjangkau kotak penyimpanan peralatan mandi, sebaiknya tempatkan kotak penyimpanan agak tinggi di permukaan dinding. Jika kamu menggunakan lemari dengan kabinet, maka jangan tempatkan berbagai perlengkapan mandi di kabinet bagian bawah. Selain itu jangan pernah meletakan dan membiarkan pasta gigi, sabun mandi, sampo, dan lain-lain, secara sembarangan. Sebelum dan setelah dipakai, pastikan beberapa item tersebut berada didalam kotak penyimpanan.

  • Hati-hati dengan Peralatan Listrik

Jika kamu menempatkan beberapa peralatan listrik seperti hair dryer atau lampu, pastikan kamu sudah mencabutnya, sebelum atau sesudah bayi beraktivitas didalam kamar mandi. Selain itu pastikan kamu menempatkan beberapa peralatan listrik tersebut di tempat yang tidak bisa diakses oleh bayi.

Jika kamu mencintai anakmu, pastikan kamu merealisasikan beberapa tips membuat kamar mandi aman buat sang bayi diatas ya. Ingat, jangan pernah sepelekan kondisi kamar mandi karena berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.