Tips Mencegah Kantuk Saat Berkendara Bagi Pengendara Wanita

Tips Mencegah Kantuk Saat Berkendara Bagi Pengendara Wanita

Hal apa yang paling berbahaya bagi para pengendara mobil?

Ternyata bukan hanya medan jalan yang sulit dan perjalanan dengan jarak yang jauh saja yang berisiko menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Rasa kantuk juga menjadi salah satu hal yang sering menyebabkan kecelakaan terjadi di jalan raya. Tak hanya kaum wanita, pria juga kerap kesulitan menahan rasa kantuk ketika mengemudikan mobil kesayangan.

Kondisi fisik pria memang lebih unggul dan kuat ketika mengemudi untuk jarak jauh. Namun wanita juga bisa memiliki pertahanan tubuh yang tak kalah baik. Kaum wanita yang sering mengemudikan mobil patut mencoba tips-tips ini untuk mencegah kantuk saat berkendara.

Kondisi Perut Ketika Mengemudi

Rasa kenyang berlebihan bisa membuat mata jadi mengantuk selama mengemudi, demikian pula halnya dengan rasa lapar. Jadi, usahakan agar perut berada dalam kondisi yang tepat sebelum mengemudi. Bila merasa lapar, konsumsi camilan ringan, roti, atau buah-buahan segar bisa menjadi pilihan yang tepat. Makanan bercitarasa asam seperti buah dan yoghurt juga bisa membuat kondisi tubuh terasa lebih segar.

Lakukan Pemanasan Sebelum Mengendarai Mobil

Peregangan otot sebelum mengendarai mobil sangat penting agar tubuh menjadi lebih rileks. Lakukan gerakan-gerakan ringan untuk membuat otot-otot tubuh menjadi lebih lentur dan siap berkendara. Aktivitas lain yang juga bisa dilakukan sebelum mengendarai mobil adalah mandi atau mencuci muka. Kedua aktivitas ini tentu membuat wanita merasa lebih segar dan nyaman.

Bila Mengemudi Lebih dari 2 Jam

Bila perjalanan panjang membuat kaum wanita harus mengemudi lebih dari 2 jam, alangkah baiknya jika pengendara wanita meluangkan waktu 2 jam sekali untuk beristirahat. Selain menepi dan tidur sejenak, istirahat juga bisa dilakukan sembari minum kopi di rest area atau berjalan-jalan sebentar di pusat perbelanjaan. Jika tubuh dan mata sudah kembali merasa segar, maka perjalanan panjang pun siap dilanjutkan.

Membuka Kaca Jendela

Rasa ngantuk ketika berkendara bisa terjadi karena kondisi mobil yang terlalu nyaman dan dingin. Sebelum merasa mengantuk, bukalah kaca jendela sedikit agar bisa menghirup udara segar di luar mobil. Udara segar dan hawa panas dari luar mobil membuat pengemudi wanita jadi lebih mudah terhindar dari kantuk.

Memilih mobil yang nyaman dan berkualitas memang makin mudah dengan mengandalkan Mobil123.com. Namun jangan sampai mobil yang nyaman malah membuat pengendara wanita mudah mengantuk dan membahayakan keselamatan perjalanan. Siapkan kondisi fisik yang fit supaya bisa berkendara dengan aman dan nyaman tanpa gangguan rasa kantuk.

Sumber:

otomania.com/read/2015/05/03/125618730/Tips.Mencegah.Kantuk.Saat.Berkendara

news.okezone.com/read/2015/03/23/15/1123054/cara-alami-hilangkan-kantuk-saat-nyetir-mobil

readersdigest.co.id/traveller/7+cara+hindari+kantuk+saat+berkendara

Waktu akses: 15 April 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.