Tips Merawat Aki Mobil

Asuransi mobil terbaik memang tidak menjamin mobil Anda untuk sepenuhnya mendapatkan jaminan, khususnya dalam perawatan seperti aki mobil. Klaim atau penggantian kerugian termasuk penggantian aki bisa diajukan ketika mobil telah mengalami benturan atau kecelakaan. Klaim tersebut hanya bisa Anda ajukan jika Anda memiliki polis asuransi mobil.

Aki (accu/battery) berfungsi sebagai sistem pengapian pada mobil yang berkaitan dengan alat-alat kelistrikan yang memerlukan energi listrik pada mobil. Energi yang dihasilkan oleh aki akan diteruskan oleh alternator kemudian ke instrumen lain di dalam mesin mobil dan alat-alat elektronik mobil seperti radio, ac, wiper, dll.

Anda bisa melakukan perawatan aki sendiri yang akan menghemat biaya atau hal tersebut bisa dilakukan di bengkel dengan ditangani oleh montir yang akan membutuhkan sejumlah biaya. Berikut ini adalah tips dalam merawat aki mobil.

  • Siapkan beberapa peralatan untuk membersihkan aki, seperti: sikat kawat dan lap.
  • Lepaskan aki mobil Anda dari rangkaian mesin untuk memudahkan proses dalam membersihkan aki serta untuk menghindari risiko aki mobil Anda meledak.
  • Berhati-hatilah dalam membersihkan aki karena berisiko merusak aki.
  • Bacalah buku panduan mekanik dan video tentang perawatan aki.
  • Konsultasikan dengan seorang profesional seperti montir ketika Anda menemui kesulitan.

 

Aki yang bekerja dengan baik akan sangat membantu fungsi mobil Anda sehingga mobilitas Anda akan maksimal. Performa mobil yang maksimal akan mengurangi risiko seperti kecelakaan karena mesin mobil yang tiba-tiba mati di jalan ketika mobil melaju kencang, terlebih di jalan tol. Untuk mengantisipasi kerugian yang ditimbulkan dari risiko kecelakaan semacam itu, Anda perlu mengasuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil dari perusahaan asuransi yang kredibel.

One Comment

Leave a Reply

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.