Tips Merawat Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester Kedua

Ketika memasuki kehamilan trimester kedua, biasanya bunda akan merasa lebih nyaman ketimbang trimester pertama. Ya, bunda sudah tidak akan dihadapkan lagi pada masalah morning sickness. Selain itu, bunda juga hanya tinggal menunggu sampai titik ini untuk berbagi cerita dengan suami maupun kerabat. Meskipun pada kehamilan trimester kedua ini lebih nyaman daripada trimester yang pertama, namun bukan berarti juga bahwa bunda harus terkesan cuek pada kondisi perkembangan janin dalam kandungan. Lantas, apa yang harus kita lakukan dalam merawat perkembangan janin pada kehamilan trimester kedua tersebut? Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah tips yang benar dalam merawat perkembangan janin pada kehamilan trimester kedua :

  1. Hindari Minuman Beralkohol dan Asap Rokok

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa jenis minuman yang satu ini sangat tidak bersahabat dengan kondisi kesehatan tubuh kita. Apalagi untuk ibu hamil, yang sudah jelas dapat membahayakan keselamatan dirinya maupun pada janin dalam kandungannya.

Berdasarkan dari hasil penelitian, asap rokok mengandung karbonmonoksida yang dapat mengalir melalui aliran darah pada janin, sehingga akan menyebabkan bayi lahir secara premature dengan berat badan yang sangat rendah.

  1. Hindari Konsumsi Daging Mentah

Apakah anda kenal dengan sebuah kuliner yang bernama sushie? Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa makanan asal Jepang yang satu ini terdiri dari beras ketan yang diberi topping berupa irisan daging ikan mentah. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti terkemuka, daging mentah itu masih mengandung bakteri yang akan menimbulkan infeksi toksoplasma, yang secara otomatis akan mengancam plasenta dan juga sangat membahayakan bagi janin. Saat hendak memakan sushie, sebaiknya anda memilih sushie yang daging ikannya sudah dimasak matang.

  1. HIndari Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri

Pada dasarnya, ikan laut itu memiliki kandungan omega 3 dan protein hewani yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, ikan laut yang mengandung merkuri itu merupakan ancaman yang yang bagi ibu hamil lho. Mengapa demikian? Soalnya, kandungan merkuri ini akan menghambat perkembangan dan pertumbuhan janin. Tak hanya itu saja, kandungan merkuri tersebut juga dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi. Berikut beberapa jenis ikan laut yang mengandung merkuri => ikan tenggiri, ikan pari, ikan hiu, ikan salmon, dan lain sebagainya.

  1. Hindari Aktifitas Yang Berlebihan

Tips berikutnya yang harus anda ketahui dalam merawat perkembangan janin pada kehamilan trimester kedua, yakni menghindari aktifitas yang berlebihan. Ya, aktifitas yang berlebihan ini sangat rawan berpotensi terjadinya kelecakaan yang yang tentu saja akan mencederai ibu hamil maupun janin dalam kandungannya. Pada saat memasuki kehamilan trimester kedua, sebaiknya anda jangan melakukan aktifitas-aktifitas yang berlebihan.

  1. Mengikuti Kelas Latihan Prenatal

Mungkin ada sebagian dari kita yang belum terlalu familiar dengan istilah prenatal. Perlu anda ketahui, prenatal merupakan jenis olahraga ringan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi anda selama masa kehamilan. Dengan mengikuti kelas latihan prenatal secara intensif, tentunya akan membantu anda dalam kelancaran saat proses persalinannya nanti. Adapun mengenai beberapa jenis olahraga ringan lainnya yang bisa anda lakukan dirumah seperti jogging, jalan santai, yoga, senam kehamilan, berenang, dan sebagainya.

Itulah beberapa tips yang benar dalam merawat perkembangan janin pada kehamilan trimester kedua. Di samping itu, anda juga jangan sampai lupa untuk selalu memperhatikan asupan nutirisinya selama masa kehamilan, serta harus berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.